Beranda > artikel, bisnis > Mau buka usaha baru……. Lantas perlukah menulis rencana bisnis

Mau buka usaha baru……. Lantas perlukah menulis rencana bisnis


nulis bisnisMau buka usaha baru……. Lantas perlukah menulis rencana bisnis

Jikalou dilihat dari bunyinya Bisnis artinya usaha dong …..

Seyogya  nya sobat perlu merencanakan suatu usaha dengan tertulis,tampaknya penting ya..he..he

Ada bebrapa pokok bahasan yang munkin harus kita rencanakan, mungkin dari produk,jasa dan lain sebagainaya untuk mendukung semua itu

Bagaimana menulis rencana bisnis
Seperti semua pengusaha, sobat perlu melakukan banyak penelitian sebelum membuka usaha

Menulis sebuah rencana usaha adalah sangat penting, sebuah dokumen yang secara jelas menggambarkan visi dan misi dari semua rincian rencana usaha.Rencana ini memungkinkan untuk menerapkan riset untuk membuat keputusan
Meskipun rencana bisnis sangat memakan waktu, akan tetapi ini sangat penting untuk kesuksesan usaha
kita harus memeriksa semua keputusan manajemen, pemasaran, personil sdm nya sob dan keuangan dengan cara yang terorganisir. Manfaat lain yang penting dari proses perencanaan adalah bahwa ketika akan melakukan pembiayaan proyek usaha, jumlah yang diperlukan untuk memulainya dan tahap-tahap awal usaha
Maka, akan menjadi alat yang berguna dalam mengamankan modal sebelum memulai usaha.Kemudian rencana akan menjadi
pembimbing pemilik usaha dalam pengoperasian dan aktivitas harian kita.
Antara lain, rencana bisnis yang menggambarkan produk dan jasa yang akan kita jual,
segment pasar, produksi, manajemen dan kegiatan pemasaran diperlukan untuk menghasilkan penawaran, dan keuntungan atau kerugian yang diproyeksikan akan hasil dari usaha.
secara garis besar atas rencana tersebut diberikan di bawah ini.ini hanya gambaran secara garis besar berdasarkan pengalaman dan reverensi dari para pelaku bisnis yang sukses dan juga bukan sebagai tolok ukur kesuksesan sebuah usaha dari artikel ini hanya memberikan wawasan kepada kita yang sangat ingin membuka suatu usaha bilapun kita cukup mampu untuk menutupi seluruh elemen garis besar, dari rencana bisnis kita akan memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan:
_ Siapa Anda? Sebuah pribadi hendaknya mengetahui keterampilan yang kita miliki yang akan menguraikan dan memproyeksikan dari pendidikan dan pengalaman yang diperoleh akan memungkinkan kita untuk memulai dan mengelola sebuah usaha hingga berhasil dan sukses.
_ Apa yang akan Anda lakukan? Penjelasan tentang konsep bisnis kita, produk dan jasa memberikan pelayanan kepada calon kosumen, menetukan segment pasar yang tepat, di mana lokasi usaha, dan berapa banyak uang yang akan diinvestasikan dan berapa banyak tambahan uang yang kita perlukan  (jika ada sob… mungkin pinjem temen kali ya).
_ Anda mau ke mana? –panjang katanya begini rencana usaha jangka pendek dan tujuan jangka panjang apa yang akan kita tetapkan untuk bisnis kita.
_ Bagaimana Anda akan meraihnya? Strategi apa yang akan memungkinkan kita untuk memenuhi tanggung jawab keuangan,
bersaing dengan orang lain di pasar, belajar keterampilan manajemen baru, berkomunikasi dengan pelanggan, dll
Perencanaan usaha adalah suatu kegiatan yang sedang berlangsung.manfaat dari menulis dan memperbaharui tujuan usaha itu sendiri melakukan inovasi dan selalu melihat peluang pasar yang sedang tren, rencana dan kegiatan. Meskipun rencana sebenarnya berbeda-beda dalam penerapan setiap jenis usaha, tergantung pada bergerak dibidang apakah usaha kita, perdangangan,distribusi atau jasa atau juga ketiga-tiganya dan lain-lain,element berikut ini harus menyediakan suatu kerangka yang kokoh untuk mempersiapkan rencana usaha.
penjelasan singkat ini hanya sekedar berbagi kepada teman-teman pembaca dan bila sobat ingin lebih jauh cobalah berkonsultasi kepada teman atau orang yang sukses melakukan suatu bidang usaha tertentu yang sekiranya akan sobat tekuni,

Semoga dari artilel kali ini membuat kita lebih baik dalam melakukan kegiatan usaha terimaksih kepada teman pembaca yang telah berlama-lama membaca artikel secuil ini dengan tujuan berbagi informasi..salam

  1. Red
    05/09/2010 pukul 3:02 am

    saya setuju! planning memnag perlu banget. cuman aku ini maslahnya.. kebanyakan planning jadi gak ada action ahahaha

  2. 05/09/2010 pukul 2:01 pm

    frima kasih kang red setujunya

  3. 06/09/2010 pukul 9:54 am

    Infonya bagus tuh… kebetulan saya juga baru mau memulai usaha baru nih dan infonya bermanfaat sekali nih… trima kasih infonya… sukses selalu dengan blognya ya… :D

    • 06/09/2010 pukul 1:27 pm

      iya kang maunya sih sukses luar biasa dengan perencanaan usaha,
      oke kang yang penting tetep Zemangat dan terus berkarya dan ber inovasi dalam menjalan kan usaha
      salam blogger………..

  4. 07/09/2010 pukul 9:58 am

    yg saya tau… dalam timnya nanti harus lengkap. maksud saya yg jago di perencanaan, jago di lapangan (yg sesuai rencana), sama yg jago kalo ada hal2 di luar rencana… pasti ntar sukses…

    btw thanks sudah mampir ke blog saya. linknya sudah terpasang

    • 07/09/2010 pukul 9:42 pm

      setuju bener mas….. memang timnya harus solid dalem arti tepat dengan job discription nya mas thanks juga semoga kita dapat selalu berbagi info…. ;)

  1. 14/09/2010 pukul 11:02 pm

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.