Beranda > agama, DO'A, ISLAM > Berdo’a setelah Shalat Fardhu

Berdo’a setelah Shalat Fardhu


Allah.

Berdo’a setelah shalat adalah sangat baik dilakukan,kita terkadang tidak sempat berdo’a karena kesibukan namun janganlah kesibukan membuat kita lupa untuk ber do’a, Sesungguhnya pada saat kita melaksanakan shalat juga merupakan do’a kepada Allah SWT. Alangkah baiknya apa bila kita tambah dengan do’a permohonan, permohonan apa saja, yang penting lakukan dengan hati ikhlas memohon dan tulus dengan penuh pengharapan kepada Allah SWT ta ada pertolongan selain-Dia Zdat yang Maha Sempurna.Ada beberapa do’a yang saya hafalkan adalah do,a setelah shalat fardhu.

Setelah salam pada shalat fardhu shubuh dan magrib melakukan bacaan wirid panjang dan shalat fardhu Zhuhur,Ashar dan ‘isya melakukan bacaan wirid pendek,banyak sekali para kaum muslimin melakukan wirid baik yang wirid pendek maupun wirid panjang dan berbeda-beda dalam hal bacaanya.

Setelah wirid selesai baru berdo’a sebagai pembuka membaca bismilahirrohmaanirrohiim kemudian membaca surat AL- IKHLAS 1 (kali) lalu surat AL FALAQ 1 (kali) dan surat AN-NAAS 1 (kali) diteruskan membaca surat AL-FATHIHAH 1 (kali) setelah walaadhdhaalin…… Amin  wa ilaahukum ilaahuw waahidul laa alaaha alla huwar rahmaanurrahiim… (kalimat ini adalah firman Allah dalam surat AL-BAQARAH AYAT 163).kemudian baca ayat kursi (AL-BAQARAH AYAT 255), sambil mengangkat kedua belah tangan memohon do’a membaca kalimat ini laa ilaaha illal laahu muhamadurrasuulullaahi shall al laahu ‘alaihi wa sallam, kalimatu haqqin ‘alaihaa nahyaa wa ‘alaihaa namuutu, wabihaa nub ‘atsu insyaa allaahu ta’aala birahmatillaahi wa karamihii minal aaminiin.

Alhamdu lil laa hi rabbil ‘aalamiina hamdan yuwaafii ni’amahuu wa yukaafii maziidahuu, yaa rabbanaa lakal hamdu kamaa yanbaghi li jalaali wajhikal kariimi wa ‘adhimimi sulthaanik.allahumma shali wa shallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin yaa dzal jalaali wal ikraam. Wa sallama waradli  yallaahu ta’aalaa  ‘an saadaatinaa ash haabi rasuulillaahi aj ma’in.

Aammiin,   aammiin,  aammiin, dilanjutkan dengan kalimat tahmid dan shalawat.bismillahirrahmaanir rahiim alhamdulillahi rabbil’aalamin. Allaahumma shali ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa sallim.(huruf latin dan ejaan cara mambaca di sunting dari buku TERJEMAH JUZ’AMMA Oleh Hisyam Al Zubair. Semoga penulis buku selalu mendapat rahmat dan maghfirah dari Allah SWT ammiin)  kemudian berdo’a lah dengan khusu’ dan tenang, pertama kita berdo’a memohon ampunan dosa  kedua orang tua, do’a ini saya ajar kan kepada putri saya ini do’anya : ALLAHUMMAGH FIR LII DZUNUUBI WALI WALIDAYA WARHAMHUMMAA KAMAA RAB BAYANI SHAGIIRA, setelah itu kita dapat menambahkan do’a yang lain terserah pada kaum muslimin yang penting bukan do’a untuk berbuat dosa, banyak sekali do’a-do’a yang dapat kita petik dari  kitab suci Al-Quran, Rankaian Do’a dari dalam kitab Al-Quran dan telah banyak ditulis oleh para alim ulama serta cerdik pandai akan do’a-doa dalam Al-Quran salah satunya Oleh H. DJAFAR SABRAN dalam bukunya RISALAH DO’A.  diantaranya membaca

1.SURAT AL-ARAF AYAT 22,

2 SURAT ALI IMRAN AYAT 8,

3.SURAT AL-HASYAR AYAT 10,

4.SURAT AL-FURQAN AYAT 72,

5.SURAT AL-BAQARAH AYAT 200,

6.SURAT AL-BAQARAH AYAT 127.

Rangkaian do’a diatas sudah sangat terkenal oleh para kaum muslimin dan para Alim Ulama maupun para perawi hadits akan kekuatan pada do’a ini,dan masih banyak lagi do’a-do’a yang lain.

Sebelum menyapukan kedua tangan sebagai penutup do’a kita membaca shalawat dan tahmid:

WASHALLALLAAHU ‘ALA KHAIRI KHALQIHII SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA ‘ALAA AALIHI WASHAHBIHI WASLLAM.SUBHAANA RABBIKA RABBIL ‘IZZATI ‘AMMAA YASHI FUUNA Wa Wasalaamun ‘Alal Mursaliina Walhamdulillaahi Rabbil’aalamin. Kemudian kita berhadiah kepada Rasullulah S.A.W.ILAA HADURATIN NABIYYIL MUSTHAFAA RASUULILLAAHI SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WA SALLAM WA ALAA AALIHI WASHAHBIHIL KIRAAMI SYAI UL LILLAAHIL FAATIHAH. Membaca SURAT AL-FATIHAH, setelah berhadiah kepada Rasulullah kita tutup dengan kalimat Syahadat.

YA ALLAH YA  RABB ampunilah hambamu ini yang telah menuliskan tentang do’a Kepada-Mu ya RABB yang bertujuan memberi manfa’at kepada saudara ku seiman seagama yang berorientasi kepada si’ar Agama-Mu Ya Allah.kepada kaum muslimin dan muslimat yang telah membaca postingan ini saya ucapkan terima kasih dan saya hanya dapat berkata “Maha benar Allah dengan segala firmannya” apa bila ada kebenaran dalam tulisan ini itu ber arti datang nya dari Allah dan bila ada kesalahan dalam penulisaan ejaan latin atau penyampaian dalam tata bahasa adalah kesalahan dari saya sebagai penulis blog ini dan saya mohon ma’af sekali lagi kepada Alim Ulama atau Cerdik pandai bukan bermaksud menggurui saya hanya menulis apa yang saya ketahui dan melakukan ibadah kepada Allah dan menerbitkan tulisan untuk dibaca oleh umum “ terima kasih

About these ads
  1. 29/09/2010 pukul 3:59 pm | #1

    Insya Allah doa kita diterima. :)

    • 29/09/2010 pukul 8:27 pm | #2

      iya kang kita manusia ini tak bisa berbuat banyak cuma bisa berdo’a dan bermohon kepada yang MAHA KUASA semoga perbuatan kita ini di-RIDHOI ALLAH Ammin Ya Rabbal ‘alamin

  2. 03/10/2010 pukul 7:10 pm | #3

    Assalamu’alaikum…

    maaf baru sempat mampir, apa kabar? :)

  3. 03/10/2010 pukul 8:04 pm | #5

    waktu do’a yang lain :
    1. saad sujud
    2. antara adzan dan iqomah
    setuju kan???

  4. 04/10/2010 pukul 11:30 am | #6

    Assalaamu’alaikum Mas Yudasta.

    Amiin… Ya Amiinur Rahman. Ya Rabbul ‘alamiin. Doa diaminkan agar kita semua mendapat perlindungan dan kasih sayang yang melim[ah dari Allah lantaran keyakinan dan kepercayaan kita dalam memohon segala harapan kehidupan hanya kepada Allah SWT.

    Menjadi kelaziman saya membaca segala wirid dalam solat ketika mahu tidur kerana dinyatakan dalam beberapa fadhilat bacaan wirid adalah menghindar 3 keaadaan yang sulit dalam kehidupan kita iaitu terlepas:

    1. Seksaan dari ujian kehidupan di dunia.
    2. seksaan di alam barzakh.
    3. seksaan di padang mahsyar

    Begitu Maha Pengasih dan Maha Penyayangnya Allah memberi apa sahaja yang dipohon oleh hamba-hambaNya walau ada dalam kalangan hamba yang mengkhianati-Nya. Semoga kita selalu berdoa dalam apa juga keadaan kehidupan kita. Amiin.

    Salam mesra selalu dari saya di Sarikei.

    • 04/10/2010 pukul 8:12 pm | #7

      w’alaikum salam bunda Siti
      ada kegelisahan dalam mengarungi hidup ini bunda. dalam hal ini saya berusaha untuk mengajarkan kepada anak -anak agr mereka selalu ingat kepada orang tuanya dan mendo’akan kita amin ya Rabb.
      wasalam terima kasih
      salam hangat dari saya

  5. 04/10/2010 pukul 5:35 pm | #8

    Terima Kasih atas infonya sob, saya dah lupa tentang urutannya neh dah lama gak belajar… Astagfirullah…

  6. 06/10/2010 pukul 8:28 am | #10

    assalamualaikum…kunjungan balik nih…hmmm…paling nikmat saat tahajud,malam yang hening sungguh bisa bikin enjoy berduaan sama Rab

    • 06/10/2010 pukul 7:14 pm | #11

      @asfan
      wa’alaikum salam
      terima kasih sudah berkunjung dan merupakan kehormatan buat saya…..
      Hmmm….. malam hening memang saat berdo’a yang tepat mas,,,,,,
      malam jum’at mengikuti sunah rasul bersama rab (rabi:red) :mrgreen:

  7. andrihdt
    07/10/2010 pukul 8:22 am | #12

    bermanfaat bener nich doanya, ijin copas yach tuk tambahan ilmu :)

  8. 13/10/2010 pukul 2:16 pm | #13

    oooh.. gtu ya ?? klo sy sih biasanya cuman bca do’a untk kdua ortu aja.. :)

  9. Zizima
    25/11/2010 pukul 1:55 pm | #14

    mantap niaaaaan.. syukron yaaa postingannya. bermanfaat banget :)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.